Social Icons

Pages

Senin, 27 Juni 2011

PTNNT dan Masyarakat Tandatangani Perjanjian Kemitraan

Tambangnews.com. – PT Newmont Nusa Tenggara dan 36 kepala desa dari enam kecamatan di Kabupaten Sumbawa telah menandatangani Perjanjian Kemitraan terkait dengan proyek eksplorasi, Sabtu (25/6) di Wisma Daerah, Sumbawa Besar.

Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik yang diwakili Sekda Drs H Mahmud Abdullah mengatakan, perjanjian ini merupakan kelanjutan dari MoU yang telah ditandatangani antara Pemda Sumbawa dengan PTNNT. “Untuk pelaksanaan dari perjanjian kemitraan ini nanti akan dilakukan PRA (participatory rural appraisal) atau musrembang guna menjaring aspirasi dari masyarakat,” katanya pada acara penandatanganan perjanjian kemitraan tersebut.

Sementara itu, General Manager Operations PTNNT, David Lilley mengatakan, “Kami sangat senang dengan telah ditandatanganinya Perjanjian Kemitraan yang merupakan wujud komitmen kedua belah pihak untuk saling mendukung bagi keberhasilan proyek eksplorasi di Sumbawa,” kata David Lilley.

Dalam perjanjian kemitraan ini, masyarakat berkomitmen untuk mendukung program eksplorasi PTNNT, sementara PTNNT berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya tanggung jawab sosial perusahaan dalam bidang penerimaan dan pelatihan tenaga kerja lokal, pemberdayaan pengusaha lokal dan pengembangan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian/kewirausahaan dan infrastruktur.

“Akan banyak program pembangunan infrastruktur dan pengembangan kapasitas masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di enam kecamatan. Proyek yang besar adalah pengaspalan jalan raya ke Ropang untuk mempermudah akses publik,” tambah David Lilley.

Dijelaskannya, setelah perjanjian kemitraan ini ditandatangani, PTNNT akan melakukan persiapan-persiapan teknis untuk memulai kegiatan di lapangan. “Kami akan segera memulai pekerjaan di Elang/Dodo agar kami bisa menyelesaikan studi kami. Semoga kami bisa segera membangun tambang di sana sehingga bisa memberikan manfaat kepada pemerintah, masyarakat dan perusahaan,” jelas David Lilley.

Program eksplorasi pada 2011 dan 2012 akan melibatkan pengeboran beberapa titik untuk mendapatkan sampel batuan inti yang akan dianalis di laboratorium untuk mengetahui karakteristik, kadar mineral dan sifat metalurgis batuan.

“Kami percaya bahwa proyek eksplorasi di Elang/Dodo ini akan menjadi proyek yang penting dan berharga bagi masyarakat dan pemerintah Sumbawa, serta PTNNT,” pungkas David Lilley.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar