Social Icons

Pages

Jumat, 13 Mei 2011

Deposit Ramba Joring Tambah 11,6% Cadangan Emas Martabe

Jakarta – TAMBANG. G-Resources mengumumkan estimasi awal cadangan cebakan di Ramba Joring, yang meningkatkan keseluruhan cadangan emas dan perak di proyek Martabe, Sumatera Utara. Deposit yang awalnya tidak diestimasikan itu, menambah cadangan emas Martabe 11,6% menjadi 3,03 juta ounce, dan perak 2,5% menjadi 33,63 juta ounce. CEO G-Resources, Peter Albert mengatakan, saat ini peningkatan cadangan dan sumber daya terus diupayakan lebih lanjut.

Cadangan cebakan (ore reserves) Martabe saat ini diperkirakan mengandung 3,03 juta ounce emas dan 33,63 juta ounce perak di dalam Purnama/Pit-1, Barani, dan Ramba Joring. Ini menunjukkan peningkatan cadangan cebakan emas hingga 315.000 ounce (11,6%) dan perak hingga 810.000 ounce (2,5%).

Distrik mineral Martabe mengandung enam deposit emas dan perak, yang sudah teridentifikasi . Yakni Purnama/Pit-1, Barani, Ramba Joring, Uluala Hulu, Tor Uluala, dan Horas. Semuanya berada di koridor mineralisasi sepanjang tujuh kilometer, dalam wilayah kontrak karya seluas 1.639 kilometer persegi.

Pengeboran lebih lanjut sedang dilakukan di dalam, dan di sekitar tubuh cadangan yang ada. Saat ini lima rig bor dikerahkan, guna menyelesaikan program pengeboran seluas 40.000 meter yang ditargetkan selesai tahun ini.

Berbagai persiapan dilakukan, sejalan dengan upaya pemeliharaan dan pengendalian lingkungan, serta peningkatan hubungan masyarakat yang berkesinambungan. Cadangan ini mendukung keyakinan perusahaan bahwa proyek Martabe adalah salah satu proyek emas terbaik dunia, yang belum dikembangkan.

Peter Albert mengatakan, dengan cadangan (reserves) dan sumber daya (resources) yang kuat, G-Resources sudah melihat potensi ekspansi, dalam kapasitas dan perpanjangan rencana tambang yang mencapai lebih dari 10 tahun.

Ia menambahkan, 1.500 orang saat ini bekerja di proyek Martabe, 70%-nya direkrut dari masyarakat di sepuluh desa di lingkar tambang. Proyek Martabe mendapat dukungan kuat dari pemerintah pusat, propinsi, dan daerah serta masyarakat di Batang Toru dan sekitarnya.

"Penambahan cadangan Ramba Joring sebelumnya tidak kami masukkan dalam estimasi awal. Ini adalah hasil penting bagi G-Resources dan seluruh stakeholder, karena jelas menunjukkan potensi deposit lebih jauh, untuk perluasan kapasitas produksi di tambang emas Martabe yang luar biasa," kata Peter kepada Majalah TAMBANG, Kamis, 12 Mei 2011.

Owen Hegarty, Vice Chairman G-Resources menuturkan, Peter dan seluruh jajaran tim kerjanya di Martabe telah menelurkan hasil yang sangat baik. “Peningkatan cadangan Martabe mendukung keyakinan kami bahwa Martabe memang distrik mineral berkelas dunia, yang kami harapkan bisa terus berkembang menjadi besar dan lebih baik, " ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar