Social Icons

Pages

Sabtu, 07 Mei 2011

Dana CSR Industri Migas 2011 Capai US$ 28 Juta

JAKARTA, Tambangnews.com.- Total dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang disiapkan industri migas nasional untuk tahun 2011 ini sebesar US$ 28 juta. Dari angka tersebut sebesar US$ 4,5 juta dialokasikan untuk sektor pendidikan.

“Total dana CSR yang disiapkan oleh industri migas pada 2011 ini mencapai US$ 28 juta dan US$ 4,5 juta diantaranya untuk sektor pendidikan,” ungkap kepala BPMigas, R Priyono, pada konferensi pers Seminar dan Pameran Nasional CSR Pendidikan Sektor ESDM di Balai Kartini Jakarta, Senin (02/05/2011).

R Priyono menambahkan, kepedulian industri migas terhadap dunia pendidikan juga diwujudkan melalui pembangunan kembali sekolah-sekolah di daerah pasca bencana. “Tercatat industri migas telah menyalurkan Rp 16 miliar di wilayah Yogyakarta, Rp 4,5 miliar di Padang, dan Rp 4,3 miliar di Jawa Barat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh turut menyambut baik upaya-upaya CSR pendidikan yang telah dilakukan oleh para pelaku usaha sektor ESDM. “Kami berharap, ke depan CSR sektor ESDM dapat diwujudkan dalam langkah-langkah kongkrit seperti apa yang telah dilakukan BPMigas dan para pelaku sektor ESDM lainnya,” ujar Menteri.

Menteri ESDM menuturkan, menjadi tantangan bagi sektor ESDM untuk menjembatani antara comparative advantage(sumber daya alam) dengan competitive advantage melalui dunia pendidikan. Oleh karena itu, menurut Menteri, salah satu tugas sektor ESDM sebagai salah satu penyumbang penerimaan terbesar negara adalah memajukan sumber daya manusia Indonesia, sehingga dapat mengubah wajah tenaga kerja Indonesia menjadi tenaga kerja yang berpendidikan dan memiliki daya saing internasional.

“Sebagai contoh adalah yang dilakukan Shell mengakomodir mahasiswa dalam kompetisi mobil hemat energi tingkat Asia dimana tahun 2010 lalu tim Indonesia menjadi salah satu pemenangnya,” lanjut Menteri.

Seminar dan Pameran Nasional CSR Pendidikan Sektor ESDM diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 2 s.d. 4 Mei 2011 bertempat di Balai Kartini, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav 37, Jakarta.

Seminar dibuka oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dengan menghadirkan pembicara para tokoh pendidikan nasional dan pimpinan perusahaan sektor ESDM, serta moderator dari praktisi dan akademisi. Peserta seminar berasal dari kalangan pemerintahan, perusahaan BUMN dan swasta sektor ESDM, Asosiasi sektor ESDM, kalangan perguruan tinggi dan masyarakat. (ESDM/KO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar