Social Icons

Pages

Selasa, 26 April 2011

Zulkifli Muhadli : Kegagalan Daerah Meraih Saham 7 % Menjadi Tanggung Jawab Bupati

Taliwang KSB, Tambangnews.com - Bupati Sumbawa Barat, KH.Zulkifli Muhadli, secara lantang menyerukan bahwa dirinya akan siap bertanggung jawab atas kegagalan KSB dalam mengakuisisi saham 7 persen yang masih berlangsung alot antara Pemda KSB dan Pemerintah Pusat.  Hal itu diungkapkan Bupati Zulkifli Muhadli, dalam rapat dengar pendapat antara Eksekutif dan Legislatif yang disaksikan langsung sejumlah masyarakat KSB diruang pertemuan kantor DPRD Sumbawa Barat, Senin, 25 April 2011.

Tidak hanya itu, Zulkifli MUhadli juga menyerukan akan mengeluarkan surat penutupan tambang kembali apabila pemerintah pusat tetap gigih berniat meraih saham 7 persen itu tanpa mempertimbangkan keinginan yang sama dari pemerintah daerah Sumbawa Barat selaku daerah penghasil.

Masih dalam rapat kerja itu, Bupati bahkan secara tegas mengungkapkan bahwa kegiatan pertambangan yang berlangsung di Sumbawa Barat sama sekali tidak memberikan kontribusi maupun keuntungan yang memadai.
''Kalau tambang kita hentikan itu sama juga dengan kita telah menolong diri kita dan daerah dalam upaya menyelamatkan kekayaan alam yang kita miliki untuk bisa dmamfaatkan oleh para anak cucu kita nantinya,''urai Zulkifli Muhadli dihadapan para tamu undangan.

Dijelaskan Zulkifli, didalam pasal 115 Undang-Undang Minerba No 4 tahun 2009,  dijelaskan bahwa salah satu alasan penutupan tambang dapat dilakukan adalah adanya surat permintaan langsung dari rakyat. Dan jika ada anggapan bahwa telah terjadi kekeliruan akibat DPRD memberikan kewenangan kepada Bupati untuk melaksanakan amanah dari pasal 115 UU No 4 Thn 2009 itu, maka dapat dipastikan orang tersebut tidak membaca dan menguasai dari amanah yang tertuang dalam UU tersebut.

Untuk efektifnya penutupan tambang, Bupati Zulkifli Muhadli, menyebutkan akan melakukannya apabila telah terjadi kesepakatan antara Menteri Keuangan dengan pihak Managemen Newmont untuk merealisasikan saham 7 persen yang seyogyanya menjadi harga mati buat daerah Sumbawa Barat.
''Jika hari ini dapatkan MoU antara Newmont dengan Pempus maka hari ini juga saya akan memerintahkan untuk menutup tambang itu,''ucap Zulkifli Muhadli yang langsung disambut tepuk tangan para masyarakat yang hadir dalam rapat kerja tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar